Jl. SINGAYUDHA (KANTOR WILASI BELINYU) :

Jl. Singayudha ini terbentang dari pertigaan Tangsi hingga ke simpang Ajat. Kantor Wilasi ada di jalan yang namanya diambil dari nama Demang Singajudha, yaitu cs-nya Batin Tikal, pahlawan Bangka. Wilasi singkatan dari “Wilayah Produksi”, pembagian wialayah area Penambangan PT.Timah di pulau Bangka. Dari kantor Wilasi Belinyu inilah semua kegiatan explorasi dan exploitasi timah diatur seorang “Kawilasi” berkualifikasi Sarjana Tambang Senior (biasanya Alumni ITB). Kawilasi dibantu seorang Wakil Kawilasi, Para Kepala Biro, Kepala Bagian, Kepala Urusan, Staff dan Karyawan lainnya.
Kompleks kantor Wilasi Belinyu ini terbentang cukup luas di wilayah kota Belinyu. Mungkin kota Belinyu tidak ada apa-apanya kalau tidak ada Kantor Wilasi dan Perumahan Karyawan. Bahkan sebagian infrastruktur olahraga, disediakan oleh PT.Timah di sekitar Komplek ini, spt Basket, Volley, Bulutangkis dan Tennis Lapangan. Sebagian besar bentuk bangunan yang ada, tidak berubah dari bentuk aslinya sejak didirikan oleh Belanda. Diperkirakan Bangunan-bangunan ini didirikan sekitar tahun 20an bersamaan dengan pengelolaan Timah oleh Belanda di Pulau Bangka. Adalah Perusahaan “V J Voolker” yang membangun seluruh infra struktur BTW (Banka Tin Winning) di Belinyu. Sebagai Rekanan atau Kontraktornya Belanda.

Kantor Wilasi Belinyu, PT.Timah saat ini. Diera tahun 70-80an, di depan kantor ini terdapat kolam yang ada air mancur warna-warni. Setiap tanggal 17 Agustus, di atas atap teras ini dipasang lampu hias, warna warni, kerlap-kerlip, ada juga gambar pahlawan dengan ikat kepala memegang bambu runcing hasil lukisan Bpk.Tukimun (seniman lukisan/patung yang tinggal di Jalan Sudirman. Yang hebat lagi ada bagian tubuh dari lukisan itu yang digerak dengan motor, sehingga dari jauh kelihatan seperti patung hidup yang bergerak-gerak. Dasar-dasar teknologi animasi rupanya sudah ada di Belinyu sejak tahun 70-an. Untuk ukuran kota Belinyu, hal ini sudah menjadi sebuah hiburan gratis bagi masyarakat. Banyak yang duduk-duduk di tembok SD.1 di depannya untuk melihat lampu hias, yang disebut “lampu kelap-kelip” 17 Agustus. Biasanya gambar perjuanagn dan lampu itu akan dilepas setelah satu bulan.

Sebelah kiri adalah Kantor Satpam, yang tengah adalah Bengkel Bubut, sedang sebelah kanan memanjang ke belakang adalah Bengkel teknik. Kedua Bengkel ini di pimpin Kepala Biro Bengkel Teknik. Selain juga Kepala Biro Bengkel Diesel (alat berat) berada di bagian lain dari bangunan ini. Dari bubungan bangunan sebelah kanan itulah suara sirine suling berbunyi. “Suling” atau biasa disebut juga “suing” adalah sirine, yang berupa toror berkisi-kisi, yang digerakkan motor listrik. Hampir seratus tahun suling ini masih berfungsi dengan baik hingga sekarang. Seluruh Belinyu pernah mendengar suling ini sebagai penanda waktu. Jam.6.00 pagi= membangunkan karyawan. Jam.6.45= siap-siap kerja. Jam.7.00=mulai bekerja. Jam.12.00= istirahat makan siang, Suling jam.13.00=masuk kembali. Jam.15.00 untuk aplus. Hari Jum.at berbunyi Jam.11.00. Sedangkan pada saat bulan Puasa saat berbuka, Sahur dan Imsyak. Pendek kata suling ini sudah semacam jam audio bagi masyarakat Belinyu, dan tidak pernah meleset bertahun-tahun. Banyak dari orang tua kita mengingatkan, “Ayo cepat berangkat ke sekolah itu suling kedua sudah berbunyi..!”.
Suling ini pada jaman Jepang juga difungsikan sebagai sirine untuk berlindung. Apabila pengintai laut melihat ada kapal perang, maka di telepon ke bengkel, untuk di bunyikan suling panjang tanda masyarakat Belinyu harus berlindung, di bungker-bungker galian tanah atau hutan. Kemudian berbunyi kembali kalau keadaan sudah aman.
Membunyikan suling ini cukup dilakukan dengan menurunkan handel (on), semacam saklar, untuk memutar motor, setelah itu di menaikkan handel untuk meng “off”.

Ini yang disebut “Garasi”, Biro Angkutan Darat, yang mengurus segala keperluan Angkutan Darat di Wilasi Belinyu. Rumah Dinas Kepala Biro-nya di bukit kantor pos, di bawah SMA YPN. Membawahi Kabag. Bengkel, Kabag.Angkutan, Logistik. Dulu PT. Timah memiliki banyak sekali mobil, baik truck, maupun mobil Penumpang. Di sebelah kanan adalah gudang spare part dan bengkel untuk memperbaiki dan menservis mobil, sedang di sebelah kanan adalah Gudang Oli dan Kantor, di atasnya, lt.2 adalah garasi mobiol penumpang. Sedang di tengah-tengah menghadap kemari adalah tempat cuci mobil.


Ini adalah bekas Kantor Bagian Bangunan. Bagian ini bertugas memperbaiki Infra struktur Wilasi Belinyu. Baik jalan, air bersih, bangunan dan pemeliharaannya. Bertindak juga sebagai Pengawas bagi pemborong-pemborong bangunan di lingkungan Wilasi Belinyu. Di bawahnya Bagian ini, terdapat Urusan Air Bersih, Urusan Perencanaan, Urusan Bangunan, Urusan Pengawasan, Urusan Bengkel Kayu. Kepala Bagiannya menempati Rumah Dinas di Jl. Balar.
Di samping bangunan ini terdapat bangunan untuk bermain Bulutangkis, yang di sebut “Gedung” sampai sekarang masih digunakan untuk itu.
Sedang bangunan yang dilukisi gambar "luralo" adlah bekas Bengkel kayu yang kini berfungsi menjadi "kafe" kalau malam

Bengkel Listrik, yang sudah jadi monumen. PLTU Mantung, Cuma menghasilkan listrik saja, untuk transmisi dan pengaturan beban listrik, diatur oleh Biro Listrik yang berlokasi di sini. Kepala Biro Listrik yang rumah dinasnya di Jl. Air Cempedak (Samping Krida), ini bertanggung jawab kepada Kawilasi Langsung. Struktur di bawah Karo Listrik, adalah Ka.Bag 30KV. Ka.bag.220. Di bawahnya lagi beberapa Kepala Urusan (Karus).

Pom Bensin ini ada di depan rumah Bpk.Ajat. Dulu di sini bekas kolam disamping rumah Bpk.Tamsyah. Pom Bensin ini sekarang bersebelahan, dibatasi kali kecil, dengan Gereka Immanuel.

Bengkel listrik dan komplek perkantoran PT.Timah, dilihat dari atas Bukit depan Mesjid Al-Inayah. Sejak dari perempatan rumah Bpk.Ajat kea rah sini, sudah masuk Jl.Jend.Sudirman.

Gereja Protestan ini berama Gereja “Immanuel” (artinya: Tuhan menyertai kita). Disebut juga Gereja Ayam, karena memang diatapnya terdapat patung ayam. Sebagai symbol dalam ajaran Kristiani, ketika Petrus 3x mengingkari Yesus sebelum ayam berkokok, seperti yang dimuat di Lukas.60-61. Gereja ini anggota GPIB, Mupel.XXI (Musyawarah Pelayanan) Babilon. Walau di Jl.Singayudha, namun alamat gereja ini sejak awal menggunakan Jl.Suramenggala. Jemaat gereja ini dulunya mayoritas adalah Warga Belinyu keturunan Tapanuli (Batak) dan Ambon. Mantan Ketua Majelis Jemaat (Penatua/Pnt) di Gereja ini seperti Oom De Lima (tinggal di Wasrij/wasre) kemudian dilanjutkan Oom Panjaitan, hingga Penatua Yance Halbert Pandelaki. Sedangkan pendetanya adalah Pdt. Herlin Lebrina Kunu, STh.
Melihat arsitektur dan permainan batu tempel, Gereja ini juga dibangun oleh Belanda. Tampak depan terasnya bergaya minimalis, seperti rumah jaman sekarang. Sayang lahan yang agak sempit rasanya agak sukar untuk dikembangkan. Di sekeliling halamannya diurug pasir pantai. Ada dua pohon cemara laut yang di tanam di depannya, namun selalu mati. Dibelakang dan samping kiri Gereja ini mengalir sungai kecil, yang bila musim hujan cukup banyak ikan “tana-tana” dan “gabus”(delek) atau “lele” (kelik). Di depan Gereja ini ada Gudang Semen, truck merk Chevrolet (dodge) warna biru atau Hijau Tua, sering bongkar muat semen memenuhi jalan, namun tidak membuat macet karena dulunya, mobil di Belinyu cuma segelintir saja.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Gembira dan Sedih lihat posted ini. Gembiranya bisa lihat tempat/gedung yg ada di Belinyu serta ceritanya. Sedihnya, ternyata tempat/gedung tsb tampak kusam dan tdk terawat, malah ada yg sdh tdk berfungsi. Hal ini mencerminkan kemunduran kota belinyu disatu sisi khususnya PT. Timah dan infrastruktur yg dikelolanya.

Anonim mengatakan...

garasi TTB ini adalah tempat pelaluan saya memintas dari jl.curam kalau mau ke berok dan tempat lainnya. di sekitar garasi itu kami sering menemukan penabur=kelereng besi atau stal utk bermain lobang 3. dan ah..kantor bangunan yg digambar ini adalah tempat saya sering nongkrong menunggu ayahanda yg bekerja disana utk pulang bersama selepas bermain.
wassalam
boes