ZIARAH WARGA BELINYU DI KELEKAK TARU :

Berziarah ke makam leluhur pada hari ke-2 lebaran sudah menjadi tradisi turun temurun dan sudah dilakukan sejak jaman dahulu kala oleh masyarakat muslim Belinyu. Pemakaman Islam yang paling besar adalah pemakaman "Kelekak Taru" di kampung Sekip.
Lokasi pemakaman Islam ini bukanlah yang paling tua di kota Belinyu, tapi yang paling besar. Pemakaman Islam yang paling tua di Belinyu berlokasi di dekat Mesjid Al Inayah, Jl.Kartini (dulu disebut Bukit Penyep). Hal ini bisa di lihat dari usia makam yang sudah ratusan tahun. Bahkan menurut beberapa sumber di sini di makamkan "Yek Bangko" sebagai orang yang pertama datang ke Belinyu. Entah benar atau tidak.
Selain di Belakang Mesjid Al Inayah ini, ada juga pemakaman Islam tua lainnya, biasanya terletak di dekat Mesjid. Seperti di Kampung Sungai Keladi, yang dekat dengan Mesjid Jami'; kampung Tengah. Juga dekat Mesjid Sungai Ketok.
Peziarah di hari ke 2 lebaran Idul Fitri 1429 H

Makam kelekak taru, yang favorit menggunakan keramik biru muda


Ada beberapa makam yang diberi tanda tiang besi seperti ini. Setelah diamati baik-baik ternyata tiang besi, dengan bendera merah putih (yang sudah hilang catnya), dan label kecil bertuliskan "PEJUANG 45", ini adalah tanda makam pejuang kemerdekaan 45.


Ada nisan yang menggunakan botol...

Kotak sumbangan untuk pemeliharaan Pemakaman Islam Kelekaktaru




Tidak ada komentar: