SMA YPN SAAT INI :

SMA YPN, awalnya berlokasi di SD Negeri.1 Belinyu, di depan Kantor Timah Belinyu. SMA ini didirikan tahun...... oleh Yayasan Pendidikan Nasional Belinyu. Hingga sekarang sudah ribuan Alumni SMA YPN Belinyu tersebar diseluruh Indonesia bahkan mancanegara.
Pada awalnya guru SMA YPN ini sebagian besar adalah para karyawan Timah Belinyu, karena memang kegiatan belajarnya sore hari, mulai jam.15.00-21.00, sebab pagi hari di gunakan untuk SD.1. Meski dengan kondisi yang demikian, namun para guru dan murid dengan penuh semangat belajar dan mengajar, demi pendidikan untuk menjadi manusia yang terpelajar.
Inilah satu-satunya SMA yang pertama kali di Belinyu. Murid-muridnya ada yang dari Pesaren hingga dari Lumut. Seragamnya hitam putih, mirip tiang listrik celana panjang/rok hitam dan kemeja putih. Namun seragam itulah yang telah banyak mengantarkan anak-anak Belinyu untuk melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi.
Satu hal yang selalu menjadi kenangan SMA YPN ini adalah, pada saat istirahat, warna hitam putih banyak duduk bertengger di sumur tua di sebelah kantor pos, atau di pagar depan. Sebagian turun ke bawah, ke bioskop Belia.
Kita patut bersyukur dan berterima kasih kepada pendiri, pengajar dan siapa saja yang terlibat dalam pendirian dan pengajaran SMA YPN ini, karena dengan adanya SMA YPN ini, walaupun dengan fasilitas seperti itu, tetap exis mencerdaskan generasi muda Belinyu.
SMA YPN dulunya di sini
Sejak tahun....SMA YPN Belinyu, menempati gedung tumpangan yang baru di bekas STM YPN Belinyu, di depan pastoran Belinyu, Jl.Panji. Mudah-mudahan tetap terus mencetak lulusan Sekolah Lanjutan di kota Belinyu.

Kantor SMA YPN saat ini, di komplek bekas STM YPN, di Panji. Mungkin Alumnus YPN dapat bersinergi dan dapat meningkatkan manejemen Alumnus, agar bisa memberikan sumbangsih kepada SMA YPN, sebagaiman sumbangsih SMA YPN kepada para alumnusnya.

Suasana Kantor SMA YPN saat ini, terserah kepada para alumni-nya untuk membandingkan dengan kondisi waktu dulu dia menuntut ilmu di sini, apakah kondisi saat ini suatu kemajuan atau suatu kemunduran. Yang jelas ada suatu memori emosional akan menggugah bahwa, ada diantara kita orang Belinyu yang masih menyimpan baik-baik ijazah SMA , dan itu di keluarkan oleh SMA YPN Belinyu.

Ruang-ruang kelas di komplek SMA YPN Belinyu, yang cukup bersih dan asri

Didekat Lapangan basket ini, dulunya adalah bekas sekolah Cina Jaman Belanda (Chines Hollands Scholl), kemudian menjadi SD.4. Ruang kelasnya dulu berdinding papan tanpa cat. Saat ini sudah, berdinding tembok .

Tidak ada komentar: